Selasa, 14 Februari 2017

Apa Sih Perbedaan S1 dan D4 Kebidanan?



Pertanyaan-pertanyaan terkait topik di atas sering sekali diajukan ke saya. Terkadang saat sedang kelas pun ketika membahas perbedaan 2 jenjang pendidikan tersebut sering kali berakhir hangat. Beberapa teman yang ingin melanjutkan sekolah dari D3 kebidanan beberapa kali meminta pendapat saya tentang perbedaan S1 dan D4 kebidanan. Jadi, saya terinspirasi untuk menyimpulkan dalam tulisan ini agar mudah dipahami. Apa yang saya tulis mungkin tidak memuat keseluruhan informasi, tapi sebisa mungkin saya sajikan informasi dari sumber terpecaya.
           
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Tinggi, dijelaskan pada pasal 1 ayat 16 dan 17 bahwa jenjang pendidikan professional (D4) dan jenjang pendidikan akademik (S1) mempunyai beban studi ‘sama’ minimal 144 sks dan maksimal 160 sks dengan kurikulum 8 semester, serta mempunyai beban tanggung jawab yang sama di dunia kerja. Nah, dari keputusan menteri pendidikan RI tersebut sudah bisa diambil 2 kesimpulan yaitu S1 dan D4 adalah berbeda dari segi ‘kegunaan’ lulusannya namun sama dari segi ‘jenjang pendidikan’nya. Selain itu, berdasarkan PERMENDIKBUD tahun 2014 No 154 perbedaan S1 dan D4 juga dapat dilihat dari gelar yang didapat. Lulusan D4 akan bergelar S.Tr diikuti inisial gelar sedangkan untuk lulusan S1 akan bergelar S. diikut inisial gelar.

Perbedaan S1 dan D4 Kebidanan Berdasarkan RUU Kebidanan
            Oke, kita sudah tahu perbedaan mendasar dari kedua jenjang pendidikan tersebut. Sekarang kita bahas perbedaan kedua jenjang tersebut khusus di bidang kebidanan. Umumnya yang kita ketahui adalah bahwa lulusan D4 akan cenderung bekerja menjadi praktisi sedangkan lulusan S1 akan berperan di bidang pendidikan. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi ada yang perlu diluruskan.
            Dalam RUU Kebidanan pasal 4 dikatakan bahwa pendidikan bidan terdiri dari 3 jenjang yaitu; pendidikan vokasi (D3 dan D4), pendidikan akademik (S1), dan pendidikan profesi. Jadi, teman-teman mahasiswa bidan yang kuliah D4 adalah bidan vokasi yang nantinya jika ingin menjadi bidan profesi maka dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan bidan program sarjana atau melalui penyetaraan. Teman-teman mahasiswa bidan yang kuliah S1 setelah lulus sarjana akan melanjutkan pendidikan profesi (kalau di unair udah jadi sepaket, jadi setelah wisuda dapat langsung melanjutkan pendidikan profesi bidan) nantinya akan disebut sebagai bidan profesi.
            Baik bidan profesi maupun bidan vokasi keduanya dapat melakukan praktik, namun yang membedakan adalah tempat praktiknya. Bidan vokasi diberikan izin untuk melakukan praktik kebidanan di fasilitas pelayanan kesehatan. Bidan profesi pun diberikan izin untuk melakukan praktik kebidanan di fasilitas pelayanan kesehatan dan praktik mandiri. Kemudian muncul pertanyaan, “Jadi lulusan D4 nantinya gak boleh buka praktik?” Boleh, asal melanjutkan pendidikan progam sarjana dan profesi atau melakukan penyetaraan. Tapi, tidak perlu khawatir karena berdasarkan keterangan dari Ketua PD IBI Jatim, ketetapan tersebut akan diberlakukan mulai tahun 2030. Jadi masih ada waktu.hehe

Perbedaan S1 dan D4 Kebidanan Berdasarkan KKNI
            Berdasarkan Perpres No 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), baik S1 maupun D4 berada di level yang sama yaitu level 6. Yang membedakan adalah arah keilmuannya dan pendidikan profesi yang merupakan kelanjutan dari pendidikan sarjana. Arah keilmuan S1 adalah pengembangan ilmu yang sesuai dengan kurikulum pendidikannya yaitu lebih menekankan ke arah teoritik. Dan D4 memiliki arah keilmuan penerapan ilmu yang sesuai dengan kurikulum pendidikannya lebih menekankan kepada kemampuan praktis atau kerja lapangan. Poin kedua yang membedakan adalah program profesi. Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Setelah wisuda sarjana, bidan S1 akan melanjutkan pendidikan profesi dan setelah mendapat gelar profesi. Nah, lulusan profesi ini akan naik level ke level 7.
            Tahun 2016 kemarin Poltekkes Semarang resmi membuka program pendidikan profesi untuk lulusan D4 atau S1. Nah, sepertinya ini jawaban buat temen-temen D4 yang ingin melanjutkan profesi. Metode perkuliahan program profesi bidan Poltekkes Semarang ini adalah teori, seminar, praktik laboratorium, dan praktik lahan dengan beban waktu kuliahnya 1 – 3 tahun. Bedanya dengan profesi bidan yang sepaket dengan S1 adalah pada profesi bidan yang sepaket dengan S1 untuk  teori atau pendidikan akademiknya diselesaikan di pendidikan sarjana. Di profesi hanya praktik lahan dengan beberapa ujian kasus baik seminar maupun bedside teaching. Jadi, bagi lulusan D4 yang sudah menempuh program profesi level KKNI-nya juga bisa naik ke level 7 yaa :) 
Hasil gambar untuk level KKNI

Perbedaan S1 dan D4 Kebidanan Berdasarkan Program Alih Jenjang
            Nah, kalo info-info di atas semua saya dapatkan dari referensi tertulis dan terpercaya kalo poin yang ini saya dapatkan dari pengalaman dan hasil tanya sana sini. Progam alih jenjang adalah program pendidikan lanjutan bagi bidan lulusan D3 yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Saya gak tahu namanya kalo D3 yang lanjut D4 apa, tapi kalo S1 Pendidikan Bidan Unair namanya program alih jenis. Info yang saya dapat dari teman yang melanjutkan D4 Kebidanan di Universitas Kadiri bahwa untuk melanjutkan jenjang dari D3 ke D4 membutuhkan waktu 1 tahun atau 2 semester. Sedangkan untuk lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 (khususnya di unair) membutuhkan waktu 5 semester + 3 bulan. Ya, memang jauh lebih lama dan tentu lebih mahal. 3 bulan itu untuk matrikulasi, karena D3 adalah ranah pendidikan vokasi jadi perlu penyetaraan. Kemudian 3 semester akademik, dan 2 semester profesi.
            Dari lama kuliahnya saja sudah bisa dipastikan modal yang harus dikeluarkan lebih banyak jika ingin melanjutkan S1 daripada D4. Selain itu, perbedaan waktu tempuh pendidikannya tentu mempengaruhi jenis dan jumlah mata kuliahnya. Berdasarkan info dari teman saya (lagi), terdapat sedikit perbedaan mata kuliah yang diajarkan baik di D4 maupun S1 namun saya yakin meski berbeda tetap mengacu kepada kurikulum kompetensi bidan.
 https://scontent.fsub2-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/12144870_10205659985883809_9157478300040089578_n.jpg?_nc_eui2=v1%3AAeELP3I_CJ3vztY4YQ3swOPhcV4e0bSaEc752LgO1Ak7V0mNBXpMLAaewzw6qTdQUaLZUnriAYSosGV2NJLe8Z5RWwxHHmXJrx4EkCDRnDwFXi7OwUE837VG0I4KJ9WdV88&oh=e22f59e3d6bb9f6fe3d89881533e0155&oe=594696C1
Mahasiswa alih jenis S1 Pendidikan Bidan Unair angkatan 2015

Perbedaan S1 dan D4 Kebidanan Berdasarkan Pendidikan Magister yang Linier
            Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa D4 adalah termasuk pendidikan vokasi sedangkan S1 adalah termasuk pendidikan akademik. Maka untuk S2 liniernya bagi D4 adalah magister sains terapan kebidanan sedangkan S2 untuk lulusan S1 adalah magister kebidanan. Setau saya sudah ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka program magister sains terapan kebidanan di antaranya adalah STIKes Dharma Husada Bandung dan Poltekkes Semarang. Sedangkan untuk magister kebidanan setau saya ada di Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Padjajaran Bandung, dan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Lalu bagaimana jika lulusan D4 ingin melanjutkan magister kebidanan semisal di UB? Sejauh ini tidak dibatasi lulusan S1 saja, boleh lulusan D4 dengan mengikuti matrikulasi selama 3 bulan.
            Untuk S2 di luar negeri jurusan kebidanan juga sudah banyak, seperti di University of Sheffield, University of Queensland, University of East Anglia, Flinders University, University of Nottingham, dan Monash University. Program magister kebidanan baik di dalam maupun di luar negeri sebagian besar mensyaratkan untuk para pendaftarnya memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Oke, segitu saja informasi dari saya tentang perbedaan D4 dan S1 berdasarkan beberapa referensi. Jika ada yang belum terjawab seperti “Kalo lulusan S1 nanti di lahan jadi kepala ruangan ya?” hal itu dikarenakan saya belum mendapat data yang valid karena itu tergantung kebijakan dari masing-masing instansi. Tapi jika ditinjau dari kurikulum pendidikannya memang pendidikan akademik cenderung teoritik atau jika di lapangan di tataran struktur manajemen strategis, sedangkan lulusan pendidikan vokasi di tataran manajemen lapangan. Semoga bermanfaat :)

99 komentar:

  1. Assalamualaikum kak, berarti kalau sudah masuk profesi bidan di poktekkes semarang setelah lulus gelarnya tetap str.keb tetapi sudah profesi gitu ya kak? Terus kak kalau misalnya sudah profesi bidan nah kan misalnya ingin kuliah s2 di unair ilmu kedokteran dasar, disana di jelaskan tidak menerima lulusan d4 nah kalau misalnya sudah lulus profesi bidan pun apakah tidak bisa juga kak? Apa mesti harus S1 bidan? Terima kasih kak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Saya kurang terlalu paham kalo soal profesi D4 nanti gelarnya apa. Kalo S1 sih gelarnya bd. Trus untuk lanjut S2 biasanya ijazah yg dipake memang ijazah strata 1-nya bukan ijazah profesi kecuali ada syarat khusus sprti S2 kebidanan UB salah satu syaratnya utk S1 kebidanan adl ijazah profesi..

      Hapus
    2. Mbk,klo hbs lulus dr Sarjana Terapan Kebidanan atau bergelar S.Tr.Keb bs nggk lnjt S2 dan jd dosen? Soalnya Kt tmnx sy nggk bs harus dr basic S.SiT (D4 Kebidanan pendidik) aja Yg bs jd dosen

      Hapus
    3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama KUSUMA asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Ass mau tanya mba, untuk lulusan d4 kebidanan ingin melanjutkan pendidikan profesi itu bs gak? Dan membutuhkan waktu brp lama dlm proses BM nya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak salah di poltekkes semarang bisa. Utk lama sekolahnya saya kurang paham, tp katanya sih min 3 semester

      Hapus
    2. Untuk bidan profesi ada di daerah Bandung atau Jakarta tidak kak?

      Hapus
    3. Kalau di poltekes sby ada tidak profesi bidan nya, biasanya brp lama... Dan tuh langsung lulus dari d4 baru lanjut ke profesi atau gmn ya

      Hapus
    4. Bantu jawab mba Febi Atikah NST, Saya lulusan D3 kebidanan. Saya melanjutkan kuliah di Poltekkes Kemenkes Semarang ambil paket d4+profesi tahun ajaran 2017/2018. Jadi kuliah D4 nya 2 semester, wisuda, setelah itu lanjut profesi 2 semester.Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
    5. Mbak bunga bisa minta kontak email kk? Sy mau bertanya2 tntang poltekes semarang

      Hapus
    6. Mbak bunga minta kontak/emailnya mbak.. saya mau tnya² tntg kuliah d poltekes kemenkes semarang..

      Hapus
    7. Ya mbk sya mau mntk emailx jg mau txk ttg polteks smrg

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ass.kak salam kenal sebelumnya mau nanya kalau bidan yg tamat d3 mau lanjutin ke s1 dimana ya kak dan bisa kasih kasih saran kak, mohon di balas ya kak makasih

    BalasHapus
  5. Wa'alaikumsalam, kalo S1 kebidanan yang nerima lulusan D3 sampai saat ini masih unair aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, d Kediri jg ada S1 KEBIDANAN yg menerima lulusan D3 , Krn Sy jg mau msuk dsitu tpi perkuliahan nya blm Oktober

      Hapus
  6. Mbak mau tanya. Kalau dari d4 kebidanan bisa lanjut S1 kebidanan gak? Kalau bisa kira2 tinggal ngambil 1-2 tahun apa harus ngulang dri awal yg ngambil 8 tahun?
    Terus kalo yg saya baca, D4 kebidanan harus ambil martikulasi 1 tahun kemudian lanjut profesi. Nah martikulasi itu gimana ya mbak? Kira2 apakah hanya ada beberap PT yg menyediakan martikulasi tsb atau di semua PT ada martikulasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa lanjut S1, S1 hanya buka jalur lulusan SMA dan lulusan D3

      Hapus
    2. Oh iya, yg di poltekkes semarang ternyata khusus alumni saja..

      Hapus
    3. Jadi yang di semarang tidak bisa terima D4 dari kampus lain untuk melanjutkan profesi kak?

      Hapus
  7. Kalau dari D4 bisa ambil profesi gak? Atau harus ikut matrikulasi lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek website Poltekkes Semarang, ada profesi utk D4 di sana. Kalo mau lanjut profesi S1 gak bisa. Harus dari SMA atau D3

      Hapus
  8. Kak aku boleh mnt alamat email kk gk? Soalny ak mw tnya bbrpa hal trkait ini kak. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, ini alamat email saya hasfindafakhirmufid@gmail.com

      Hapus
  9. Kalau menurut Kakak pribadi lulusan D3 yang rencananya mau lanjut kuliah lebih baik langsung ambil S1 kebidanannya atau lebih ke D4 ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing ada baik buruknya. Ambil S1 makan waktu lama, tp sepadan dg ilmu yg didapat dan jenjang pendidikannya smpai saat ini gak ambigu meski ada satu artikel yang katanya lulusan S1 kebidanan susah cari kerja. Ambil D4 lbh sebentar tp ke depannya sprtinya banyak jalan terjal, krna skrg aja rumornya mw ditutup, dan lulusan D4 ttp harus punya ijazah profesi. Dan profesi utk D4 msh kontroverisal

      Hapus
    2. Jdi yg D4 kebidanan itu mau di tutup kak? Terus bagusnya langsung kuliah D4 atau S1 keb kak?

      Hapus
    3. Sudah baca postingan saya ttg forum kebidanan? Ini linknya https://hasfindafmufid.blogspot.com/2017/10/tentang-bidan-forum-mahasiswa-kebidanan.html?m=1
      Di sana dijelaskan bahwa jika smpe 2017 msh ada instansi yg menerima mahasiswa D4, maka hrus bertanggung jawab utk profesi & kompetensinya. Jdi bisa saja msh ada D4, tp mgkn sdh sepaket dg profesi

      Hapus
  10. Kx saya D3 bidan mao lanjut S1 kebidanan di unair mao nanya kpn pendaftaran utk thun besok 2018 kx..? Pendaftarannya bisa langsung ke kampusnya kan kx? Mohon infonya kx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan pantau terus website pendaftaran unair ya ppmb.unair.ac.id
      Semua info diupdate di situ...

      Hapus
  11. Oke deh kx..mksh infonya☺
    Tp utk mendaftarnya bisa langsung ke unairnya kan kx..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran administrasi online dulu, tesnya yang di unair.

      Hapus
  12. Ka, sy mau tanya. Sy kuliah di d4 kebidanan. Menurut kk kalau sy lanjut kuliah lagi, lanjut kuliah ke pendidikan profesi atau lanjut s2 ya ja? Trmakasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung lanjut S2 aja. Tapi setau saya kalopun lanjut S2 ttp harus punya pengalaman kerja klinik dan akademik minimal 2 tahun. Tapi kalo lulusan S1 profesi gak harus punya pengalaman kerja. Itu kalo di UB, kalo di univ lain kurang tau..

      Hapus
  13. Kak, saya masih SMA. masih bingung nih kuliah dimana. Rencananya mau di Poltekkes Kemenkes TasikmalayaJl. Cilolohan No.35 Tasikmalaya. Saya masih bingung, kalo lulusan disana bisa langsung kerja gk? Kira2 kerjanya dimana y kak?
    Saya pengen banget kerja di rs negri. Nah, kira2 kuliah dimana y kak?
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal bisa langsung kerja ato enggak, mau kuliah di universitas no 1 dunia pun kalo setelah lulus cuma duduk doang gak cari ato bikin kerjaan kyknya gak bakal kerja juga. Lalu meski kuliah di universitas cetek sekalipun tapi setelah lulus dia langsung aktif cari ato bikin kerjaan ya bisa jadi langsung bisa kerja. Jgn hanya memandang kuliah buat kerja, hilangkan pemikiran 'dangkal' seperti itu ya adek cantik...

      Hapus
  14. Assalamualaikum kak saya sdh lulus d3 kebidanan Mau lanjut d4 kebidanan sebenarnya ini saya jadikan buat bantu loncatan ke s2 Kesmas apakah bisa d4 kebdanan me s2 kesmas ? Kalau bisa apakah harus ada pengalaman kerja juga ? Terus apakah harus saya ambil profesinya juga ?

    Trus kak d4 kebidanan 1 tahun + profesi 1 tahun = 2 tahun gitu ya kak ?
    Kalau s1 2 tahun lebih itu udh plus profesi kan kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, utk persyaratan S2 kesmas silakan diliat di univ yg kamu tuju.

      Utk D4 kebidanan + profesi yg dari D3 saya krng paham. Silakan cek di poltekkes yg sudah buka prodi tersebut..
      Kalo S1 kebidanan + profesi 2 tahun lebih

      Hapus
  15. Slmt malam, mau nanya nih,,
    Ibu sykan bidan, STR nya baru keluar, di STR ada tulisa bidan vokasi, sementara punya temannya tdk ada, mksdnya apa ya ka?
    Ibu sy D3 kebidanan
    Mohon penjelasannya donk

    BalasHapus
  16. Ka sya masih bingung nih. Saya lulisan D3 kebidanan enaknya lanjut s1 atau D4 ya ka. Trus kalau S1/D4 itu harus ada pengalaman krjanya trlebih dahulu atau bsa langsung dftr masuk ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus ada pengalaman kerja. Kalo mau sharing soal lanjut S1 ato D4 sharing lah dg org yg ngerti kondisimu dan goal mu apa dg profesi bidanmu. Kalo tanya opini saya ttg perbedaan D4 dan S1 sdh saya jawab smw di tulisan ini..

      Hapus
  17. Selamat malam kak..
    Tahun ini saya lulus D3 kebidanan, rencananya mau lanjut D4 saja, apakah setelah D4 bisa lgsg lanjut S2? Atau harus profesi dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau lanjut S2 kebidanan dari D4 harus ada pengalaman kerja dulu

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Kak,kalo lulusan D4 bidan, lebih baik lanjut magister kebidanan atau magister terapan kebidanan ya? Rencana saya mau kerja jadi dosen kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau masuk m.keb dari D4 harus ada pengalaman kerja. Tp kalo mau masuk M.ST saya kurang tau apa harus ada pengalaman kerja ato enggak, bisa cek di web univ yg menyediakan jurusan tersebut..

      Hapus
  21. Assalamualikum kak saya thn ini lulus D3 kebidanan rencananya mau lanjut D4 tetapi ada berita katanya D4 sudah tidak di akui lagi apa benr? Sedangkan S1 kebidanan yg nerima dari D3 cuma unair ada trus info s1 kebidanan selain unair ada ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, sprtinya tidak benar ya berita yg didapat. Sampai skrg D4 kebidanan msh diakui. Soal alih jenis S1 kebidanan setau saya msh di unair. Di stikes abdi nusantara bekasi jg ada S1 kebidanan, tp saya kurang tau nerima dr D3 atau ndak..

      Hapus
    2. Selamat malam kk. Mf saya mw bertanya.
      Saya lu2san d3 kebidanan pengalaman kerja kurng lebih 2 tahun. Saya mau lanjut d4 krna klok s1 memakan waktu yg lama.jadi klok udah d4 ini seandainya gak lanjut s2 harus profesi ya kk ?.
      Nah itu bisa langsung profesi apa harus penyetaraan dlu. ?.penyetaraannya ada kuliah khusus lg ya ?.dan itu memakan waktu brp tahun ?
      Terus kalok d4 lanjut ke s2 kespro bisa gak kk ?.

      Hapus
    3. Setau saya bisa lngsng profesi, skrg sdh ada bbrp PT yg membuka profesi bidan D4. Tp sejauh yg saya tau msh menerima alumninya saja, silakan dicek lgi yaa mgkn sdh ada perubahan..

      Hapus
    4. Maaf kalau D4 itu sampai berapa semester dan berapa lama ya

      Hapus
  22. Kak mau tanya kalok dari lulusan d3 bidan enaknya lanjut apa ya kak soalnya saya bingung mau d4 apa s1 dan bedannya dimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pilih D4 ato S1 tergantung gmn kondisi dan tujuan masing2 orang. Yang pasti D4 lebih murah dan hemat waktu daripada S1. Tapi kalo D4 skrg, sudah ada tp msh jarang yg menyediakan yg sepaket dengan profesi sedangkan S1 setau saya mesti sepaket dg profesi (di UB dan unair). Untuk ranah kerjanya, baik D4 atopun S1 sama2 bisa kerja jadi bidan praktisi maupun tenaga pengajar..

      Hapus
  23. Mohon maaf untuk izin menuliskan informasi saja, sekarang ada prodi baru di STIKES kami yaitu daerah jawa tengah tepatnya di kabupaten Pati untuk S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan. Silahkan jika anda ada minat untuk studi lanjut bisa tanya2 dulu ndak papa. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa minta kontak atau Email salah satu sosmed kaka??

      Hapus
    2. Ada email atau whatsaapnya kakak buat nanya2

      Hapus
  24. Kak mau tanya
    Berarti kalau kuliah d4+profesi nanti tahun 2030 bisa buka praktek gak

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum kak.
    Saya mau tanya" soal ini, bisa minta salah satu sosmed atau kontak kaka??
    Makasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum kak saya pns kak dari d3 kebidanan mau lanjut kan s1 kebidanan kira2 dmna ya kak yg bisa tfr dr d3 ke S1 profesinya di ygya sudah sy tnya blm trma tfr dr d3 d3 bisanya ke d4..yg dr sma bisa mbak.

    BalasHapus
  27. kak mau nanya lebi enak mana d4 kebidanan sama profesi ners

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa dibandingkan. kebidanan dan ners yang keperawatan, ya tentu beda. selain itu d4 itu setara dengan sarjana. Ners itu profesi setelah sarjana.

      Hapus
  28. Kak mau tanya ,saya inii kan smk nah saya kepingin masuk universitas negeri tpi bnyk tmn saya yang bilang kalo smk itu peluang masuk univ itu sedikit,apa lagii kalo beda jalur sama jurusan yang kmu ambil skrng gitu.
    Trus saya searching trus nemu artikel ini .kak ginii saya bingung katanya lulusan d3 kebidanan itu sudahh sulitt cari pekerjaan ,apa iya kak???
    Trus kaloo mau buka praktek pun juga dipersulit sama pemerintah,.apa itu benar kak?
    Trus saya sempet mikir juga kalo saya langsung ambil s1 kebidanan apa harus lngsung dgn ambil profesinya kak??terimakasih kak🙏🙏

    BalasHapus
  29. Kakk sya msh sma kls 12, saya mu kuliah kebidanan, menurut kka mnding pilih d4 apa s1 yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya d4 atau s1 tidak berbeda karena saat ini semua jenis pendidikan memiliki peluang untuk ke level tertinggi. hanya saja d4 itu vokasi (lebih didedikasikan untuk bekerja/praktisi) dan s2 akademik (lebih untuk pengembangan iptek/pendidik). memiliki karakter dan tujuan yang berbeda.

      Hapus
  30. Kak mau tanya. Saya lulusan d4 bidan pendidik mau lanjut profesi bidan kira2 berapa smester ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 semester 36 SKS. Rata2 MK praktik. Saat ini rata2 program studi kebidaan sudah terintegrasi antara S1nya dengan Profesi. Tidak terpisah

      Hapus
    2. Mau tanya kalau dari d4 bidan lgsg kerja bisa gk? Ga pake profesi

      Hapus
  31. Mbak sy mau tanya, bisa tdk lulusan d4 bidan pendidik melanjutkan ke profesi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. tapi PT yang memiliki program profesi bidan terpisah hanya sedikit, a.l. Unair dan poltekes surakarta

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum wr wb. Mau nanya kak kalo lulusan D3 kebidanan trus mau lanjut S1 di malang ada ngga yah kira2 kampusnya sama berapa tahun kuliahnya

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum. Mau nanya kalo dari lulusan D3 mau lanjut S1 kebidanan ada ngga dimalang. Kalo ada berapa tahun kuliahnya?

    BalasHapus
  35. Kalo dari SMA mau kebidanan saran yg bagus kemana ya? Dan perkiraan untuk kedepannya, maksud saya lapangan pekerjaan untuk tahun 2030? Saya bingung kakak, tolong dibantu

    BalasHapus
  36. Kak.. maaf mau tanya kalao lulusan d4 kebidanan bisa langsung kerja tidak ya?? Terima kasih

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum kak, sy kuliah di d3 kebidanan poltekkes smg trus kalau sy mau lanjut d4 lalu setelah itu lanjut s2 bisa ga ya kira2. Atau harus s1 dulu? Trmksh

    BalasHapus
  38. Kak mau nanya saya lulusan D3 kebidanan rencana mau lanjut S.tr keb. Apakah harus profesi setelah gelar str keb kak?

    BalasHapus
  39. Maaf ka mau tanya. Jadi kalo kita lulusan D3 mau lanjut D4 terus profesi bisa ga ? Apa dri D4 lngsung S2 aja. Untuk bisa buka klinik ato tempat praktek tuh hrus D4 ?

    BalasHapus
  40. kak mau tanya saya lulusan D3 kebidanan,sdh pengalaman 3tahunan dan punya klinik sendiri dari orangtua,,kalau bagus lanjut D4 atau S1 ya?? makasi🙏🏻

    BalasHapus
  41. kak s1 kebidanan bisa buka praktik mandiri engga?

    BalasHapus
  42. Kak akreditasi jurusan kampus mempengaruhi mencari lapangan kerja ga?

    BalasHapus
  43. ASSALAMUALAIKUM WR. WB
    SAYA lulusan DIV Bidan Pendidik lulusan th 2013. jadi sekrang saya ragu harus melanjtkan kemana ? mohon kasih saran dan infonya ?

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum wr.wb.saya kan lulusan d3 kebidana..skrg udh pns d puskesmas..klo mw lanjutkan pddk..bagus ny d4 atw s1 mbak..mhon info ny mbak

    BalasHapus
  45. assalamualaikum, saya mau tanya ka
    menurut kk apakah penting bagiseorang bidan melanjutkan kuliah nya sampai S3?

    BalasHapus
  46. Kak apakah bisa lulusan SMA langsung ngambil S1 Kebidanan, tanpa gelar D3 terlebih dahulu???

    BalasHapus
  47. Kak apakah lulusan S1 kebidanan bisa bekerja di rumah sakit dan membuka klinik pribadi?

    BalasHapus
  48. Mbak mauntanya...kalau dari Sma kita bisa langsung ke program d4 kebidanan atau harus ke d3 dulu.

    BalasHapus
  49. Kak mo tanya ..Kalo pns jenjang s1dan d4 apakah setara?

    BalasHapus
  50. Jdi tambah ragu.😥
    Kemaren adx saya udh ambil S1 kebidanan , akhirnya pindah ke D3 kebidanan..
    Jdi kalo ambil D3 kebidanan setelah lulus di harus kan kuliah 1 Thun lgi ya ?
    Trus kalo S1 kebidanan gak di harus kuliah lgi .
    Tlong penjelasan nya pak.🙏🙏

    BalasHapus
  51. Kak izin bertanya, jadi jika lulusan S1 Kebidanan ingin menunda pendidikan profesi, dan kerja apakah bisa?

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum mohon izi bertanya.
    Saya lulusan D3 kebidanan status masih magang di puskesmas.

    Saya bingung jika harus melanjutkan kuliah apakah pilih D4 apa S1.

    Perbedaan yang pasti apa ?
    Apa hanya beda gelar ?

    Trus apakah kalau ambil kuliah D4 masih di anjurkan untuk S1.


    Atau apakah D4 itu juga S1 hanya beda gelar saja sama metode pembelajaran?



    Mohon solusinya pilih D4 atau S1

    BalasHapus