Sabtu, 18 Juli 2015

ALIH JENIS S1 PENDIDIKAN BIDAN UNIVERSITAS AIRLANGGA 2015

Hellow para bidan seantero jagad raya J

            Judul blognya gawat yaa. Hehe.. Yaa karena aku sangat berjuang untuk bisa lolos di program studi yang sangat langka ini. Setauku S1 Kebidanan di Indonesia hanya ada di 2 Universitas, yaitu; Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya (kalau ternyata ada tambahan monggo dikomen J) dan yang membuka pendaftaran untuk lulusan D3 kebidanan alias ekstensi hanya di Universitas Airlangga. So, kebayang kan langkanya prodi ini? Hehe
            Sejak semester 2 perkuliahanku di STIKES Widyagama Malang, aku sudah bertekad untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang S1 bukan D4. Meski sebenarnya ‘kebidanan’ bukan pilihan hidupku (hehehe), tapi sepertinya Allah memang menggariskan aku untuk menjadi seorang BIDAN. Jadi, mari nikmati prosesnya J
            Alhamdulillah, meski aku cukup lama beradaptasi dengan dunia kebidanan (sampai sekarang masih beradaptasi) aku bisa lulus pendidikan D3 dengan IPK cukup memuaskan yaitu 3,82. Karena kampusku sedikit terlambat dalam hal kelulusan, aku lulus bulan September sementara UNAIR hanya membuka pendaftaran hingga 2 gelombang saja. Pendaftaran gelombang 2 ditutup awal Agustus 2014. Jadi pupuslah harapan bisa segera melanjutkan studi ke S1. Tapi sepertinya Allah memang ingin aku mempersiapkan dengan matang, sehingga selama menunggu pendaftaran tahun ajaran 2015/2016 dibuka aku bekerja di sebuah Puskesmas di Situbondo. Cukup lama aku bekerja di sana sekitar 5 bulan hingga akhirnya aku mengundurkan diri karena lolos tes masuk S1 alih jenis Pendidikan Bidan UNAIR.
            Dua bulan aku mempersiapkan tes ini, mempelajari berbagai soal matematika, bahasa inggris, dan TPA. Bahkan untuk matematikanya aku belajar ke tetanggaku yang guru matematika SMA. Dan ketika mendekati hari H tes ujian masuknya aku sudah sangat siap dan optimis. Sebelumnya aku juga sering tanya sana sini dan googling tentang pengalaman orang-orang yang pernah lolos S1 kebidanan UNAIR.
Ini Jadwal Kegiatannya. Aku ikut gelombang I-nya. Kuota mahasiswa yang diterima S1 Pendidikan Bidan Unair adalah 50 mahasiswa.

Ini Persyaratannya. Disiapkan betul-betul karena proses seleksi berkas secara online, gak bisa nego.hehe

Ini materi ujiannya. Soal TPAnya yaa umumlah, soal matematikanya sekelas matematika IPA SBMPTN.

Hal yang perlu diperhatikan, jangan pernah membeli soal-soal yang dijajakan di sekitar kampus UNAIR, karena soal-soal tes masuk UNAIR tidak pernah keluar. Bahkan pihak UNAIR sendiri sudah memberi pengumuman tentang hal ini. Kemudian, karena soal yang diberikan cukup banyak dan waktunya singkat maka usahakan tidak grogi saat mengerjakan soal. Karena grogi akan membuat kita sulit berkonsentrasi. Kerjakan soal yang mudah dan membutuhkan sedikit waktu, jangan fokus pada soal yang memakan banyak waktu. Oya, tes ujian masuk alih jenis UNAIR tidak seperti SBMPTN yang menggunakan nilai minus jika jawaban salah. Jadi untuk soal yang kalian benar-benar tidak tau jawabannya bisa cap cip cup. Hehe (moga cap cip cup-nya bener yaa) tapi tidak menutup kemungkinan tes pada tahun-tahun berikutnya juga mempergunakan peraturan seperti SBMPTN. Jadi, siap-siap aja J
Nah, sudah jelas kan? So, jangan tergoda beli soal-soal tes yang dijajakan yaa..

Agak gak sabar juga nunggu pengumuman yaitu tanggal 20 Mei 2015. Dan ketika tanggalnya tiba aku mendapat kabar bahwa pengumumannya diundur hingga pukul 19.00. Yah, semakin dag dig dug lah aku... And finally.... selepas sholat Isya aku tiduran sambil main hp. Awalnya iseng buka website ppmb.unair untuk lihat pengumuman karena sebelumnya dapet info lagi pengumuman diundur pukul 21.00. Dan betapa bahagianya saat aku memasukkan nomor ujianku dan taraa....

Semoga kalian yang sedang berjuang untuk lolos di S1 Pendidikan Bidan UNAIR juga dapet pengumuman begini yaa J
Setelah dinyatakan lolos barulah registrasi ulang dan melakukan 2 tes lagi. Tenang saja, tes ini tidak akan mempengaruhi lolos tidaknya. Yaitu tes kesehatan dan tes bahasa inggris. Untuk tes kesehatan yang digunakan adalah tes ketunaan. Mata dan telinga. Tes bahasa inggrisnya seperti tes TOEFL ITP.

Sekian sharing tentang pengalaman mengikuti serangkaian tes masuk S1 Alih Jenis Pendidikan Bidan UNAIR. Siapapun kalian yang sedang bertekad dan berjuang bisa lolos di prodi ini, semoga sukses yaa jangan lupa berdoa J

93 komentar:

  1. Saya Ratna, lulusan D3 tahun 2014, saya mau bertanya, gelombg 1 yang lulus UNAIR ada berapa orang mba ? dan apakah diantara yang lulus ada yang masuk setelah 2 tahun lulus D3nya mba ? soalnya saya berencana mengikuti gel. 2 dan semoga bisa menyusul mba....
    mohon di jawab, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bru jwab. Info pstinya brp orang yang lolos msh blm tau. †ɑ̤̥̈̊ρÎ mgkn sktr 25 org. Kalo di antara yang lolos g tau ya, blm tnya2 sma tmen2.hehe
      Sip, sukses yaaa :)

      Hapus
  2. Maaf mbak kalo g keberatan bisa bagi contoh soal nya gak? Lewat email tririzqimuliadaya@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf mba.. Saya juga rencananya mau daftar S1 kebidanan unair. Boleh kirimkan jga soal" yg mba pelajari ke e-mail saya? Ini e-mail saya mba : lala_visla@rocketmail.com . Jazakillah mba :)

      Hapus
    3. Assalamu'alaikum mbk, minta tolong kirimin juga contoh soal" yang mbak pelajari juga ya,, terima kasih sebelumnya. nurul.fadlila.nf@gmail.com

      Hapus
    4. Assalamualaikum wr wb,,.mnt tlong krimin jg contoh soal yg mbk pljari,, semoga allah memberikan blsan yg trbaik amin
      Lilikanggraini633@gmail.com

      Hapus
    5. Halo mbak. Jika tidak keberatan, saya jiga berminat mempelajari soal yang mbak punya. Minta tolong kirim soal yang mbak pelajari ke email saya. devianasusila@gmail.com. terimakasih mbak.

      Hapus
    6. Assalamualaikum mba maaf, saya juga berminat untuk masuk alih jenis unair tahun ini, apa boleh saya meminta soal yg mba pelajari ke email saya? Cintiyasekar@gmail.com Terima kasih mba sebelumnya, sukses selalu ya mba 😊

      Hapus
    7. Assallamualaikum mbak maaf, kalau tidak keberatan apa boleh saya minta contoh soal yg mbak pelajari? Saya ada rencana mau daftar ke unair tahun ini. Kalau tidak keberatan boleh kirim soalnya ke email saya? Hida.ida1414@gmail.com
      Terimakasih mbak, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah swt

      Hapus
    8. Assalamualaikum kak, kak kalau boleh saya juga mau minta contoh soal yang kakak pelajari dong kak. Saya ada rencana mau daftar ke unair tahun ini kak. Kalau boleh tolong kakak kirim ya ke email saya imeldaokta96@gmail.com.makasih banyak kak

      Hapus
    9. Assalamualaikum kak, kak kalau boleh saya juga mau minta contoh soal yang kakak pelajari dong kak. Saya ada rencana mau daftar ke unair tahun ini kak. Kalau boleh tolong kakak kirim ya ke email saya imeldaokta96@gmail.com.makasih banyak kak

      Hapus
    10. Assalamu'alaikum ka, maaf kalau boleh saya juga mau minta contoh soal yang pernah dipelajari oleh kakak dulu. Mohon dibantu ya ka terimakasih ini email saya intanoctavialestari23@gmail.com
      Sekali lagi terimakasih ka

      Hapus
    11. Selamat Pagi kak, boleh tolong kirimkan contoh soal yang kaka pelajari? saya mau cona Unair alih jenis tahun ini ka hehehe
      Ke Limbonganggi5@Gmail.com yaa kaa, terimakasiih :)

      Hapus
    12. Assalamu'alaikum mbak, saya rencana daftar unair thn ini, maaf kalau boleh saya juga minta contoh soal yang pernah dipelajari mbak dulu. Mohon bantuannya ya mbak, ini email saya sasegano@gmail.com
      terima kasih..

      Hapus
    13. Assalamu'alaikum ka,maaf kalau boleh saya juga minta contoh soal kaka yang pernah dipelajari dulu. saya rencana daftar unair thn ini. Mohon bantuannya ya ka, ini email saya widiaaputri@gmail.com
      terima kasih..

      Hapus
    14. Selamat siang mbak.. Mbak apakah mbak berkenan mengirimkan soal2 masuk kebidanan unair mbak ke email dinareka19@gmail.com
      Terima kasih

      Hapus
    15. assalamualaikum mba , saya rencana nya mau daftar kebidanan unair mba, maaf kalau boleh contoh soalnya untuk dipelajari mba , ini email saya mba @ariskalestari1798@gmail.com do'ain ya mba semoga bisa lulus jga aamiin . terima kasih sebelumnya mba

      Hapus
  3. assalamualaikum mbak boleh minta pin bb nya ,saya ingin bertanya banyak sma mbak soal cara msuk s1 kebidanan d unair mbak
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. BBM udah lama bgt gak aktif. Kalo mw wa ato fb aja. Ini alamat fb saya https://www.facebook.com/hasfindafakhirmufid

      Hapus
    2. Maaf lagi mba..hehe. Mba punya line ga mba? Bisa minta tolong add id saya : lizanivisla ? Krna kalau mba ga keberatan mau tanya" seputar S1 kebidanan ini/ Terima kasih byk mba sblumnya, semoga sukses kuliahnya.. Aamiin :)

      Hapus
  4. Assalamualaikum mbk,
    Mbak saya mau kan mbk daftar S1 Bidan dan itu kan termasuk prodi IPA ya mbk makanya ada MTK IPA. Gmn klo saya mau dftar S1 Akuntansi alih jenis juga, apa jg ada MTK IPA? Mengingat Akuntansi adl prodi IPS :D
    Terimakasih mbk atas jwbnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Wah, saya kurang tau kalo prodi lain. Silakan cek ppmb.unair.ac.id yaa utk info jelasnya :)

      Hapus
  5. Selamat pagi mbak, artikel mbak sangat memotivasi untuk masuk program alih jenis UNAIR. Mbak tahun ini rencananya saya ingin mencoba mendaftar di UNAIR program alih jenis seperti mbak. Mbak kalau tidak keberatan saya boleh minta dikirimkan contoh soal tes masuk UNAIR mbak dulu ke putudesy178@gmail.com ? Mohon bantuannya mbak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi. Maaf, soal2 tes unair tidak bisa dibwa keluar jadi saya gak punya contoh soalnya. Sekali lagi maaf, yaa...

      Hapus
    2. Assalam..maaf teh kalo tidak keberatan saya ingin bertanya2 kepada tteh mengenai s1 unair, sekarang sya masih smester 5 di stikes bhakti kencana ..barangkali berkenang sya minta nmr wa nya .. atau ini no sya 082281668179 terimakasih

      Hapus
    3. Bisa chat lewat email hasfindafakhirmufid@gmail.com atau line hasfindafmufid yaaa..
      In syaa Allah fast response.hehehe

      Hapus
  6. Assalamualaikum mbk, tulisannya sangat memotivasi saya untuk semakin mantap melanjutkan pendidikan ke S1 kebidanan,kalau ada kesulitan atau perlu tanya2 ke mbk enaknya lewat apa mbk? Apa lewat blog ini saja?

    BalasHapus
  7. Halo mbak Hasfinda, sblmnya slm kenal ya mbak saya indri. Terimakasih mbak postingannya sangat membantu. Saya rencana mengikuti test alih jenis unair thn ini, maaf mbak jika tidak merepotkan blh tidak contoh soal2 yg kemarin mbak pelajari dikirim ke email saya jg idr.yanti@yahoo.com Sblmnya terimakasih banyak ya mbak. Sukses terus kuliahnya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal2 yg saya pelajari dlm bentuk buku cetak, tes masuk STAN. Kalo mtk-nya sya download di https://www.zenius.net/
      Maaf krna soal2 yg saya donlot sgt banyak, jdi saya arahkan k linknya lngsng aja yaa..

      Hapus
  8. assalamualaikum mbak hasfinda, sebelumnya terima kasih banyak atas tulisannya yang sangat memotivasi sy untuk masuk program alih jenis UNAIR, maaf mbak kalau mbaknya sempet bisa kirimin soal2 yang mbak pelajari kemarin waktu mau masuk UNAIR ke email sy mawar.syahrir75@gmail.com, makasih sebelumnya mbak, sukses selalu mbak hasfinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal2 yg saya pelajari dlm bentuk buku cetak, tes masuk STAN. Kalo mtk-nya sya download di https://www.zenius.net/
      Maaf krna soal2 yg saya donlot sgt banyak, jdi saya arahkan k linknya lngsng aja yaa..

      Hapus
  9. Hay mbak hasfinda,salam kenal.saya juga berharap bisa seperti mbak bisa lulus s1 kebidanan,soal2 yang pernah mbak pelajari bisa mbak kirim ke email saya ditakristiyani@yahoo.com.untuk bisa saya pelajari,trimakasih sebelumnya mbak

    BalasHapus
  10. Hay mbak hasfinda,salam kenal.saya juga berharap bisa seperti mbak bisa lulus s1 kebidanan,soal2 yang pernah mbak pelajari bisa mbak kirim ke email saya ditakristiyani@yahoo.com.untuk bisa saya pelajari,trimakasih sebelumnya mbak

    BalasHapus
  11. Hay mbak hasfinda,salam kenal.saya juga berharap bisa seperti mbak bisa lulus s1 kebidanan,soal2 yang pernah mbak pelajari bisa mbak kirim ke email saya ditakristiyani@yahoo.com.untuk bisa saya pelajari,trimakasih sebelumnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal2 yg saya pelajari dlm bentuk buku cetak, tes masuk STAN. Kalo mtk-nya sya download di https://www.zenius.net/
      Maaf krna soal2 yg saya donlot sgt banyak, jdi saya arahkan k linknya lngsng aja yaa..

      Hapus
    2. Assalamualaijum ukhti..
      saya Helga mahasiswi D3 kebidanan semester 5 di universitas swasta. Kak saya dari semester 1 sudah menargetkan alih jenjang di s1 kebidanan UA, saya punya banyak pertanyaan yg mungkin akan merepotkan kakak nantinya hehehe. Saya boleh menghubungi kakak secara pribadi ? Kalao kakak berkenan Lewat line atau yang lainya ? Idline saya : helga28 . Helga minta tolong yah kak.

      Hapus
  12. salam kenal mba saya Rika
    mba saya mau tanya prospek kedepannya untuk s1 kebidanan itu seperti apa ya, dapat bekerja dimana saja? terimakasih

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum mbak. Mbak saya vicky berencana mau ikut tes alih jenis tahun 2016. Bisa minta materi yang dipelajari sama mbak waktu masuk gak. Bisa kirim ke emIl saya vickydw26@gmail.com

    Terima kaaih

    BalasHapus
  14. Halo

    Apa ada jalur mandiri?
    Dan kalu boleh tau perkiraan biaya yang akan dihabiskan selama pendidikan itu berapa?

    BalasHapus
  15. Halo

    Apa ada jalur mandiri?
    Dan kalu boleh tau perkiraan biaya yang akan dihabiskan selama pendidikan itu berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk alih jenis memang hanya ada jalur mandirinya. Perkiraan total biaya 50-60jt

      Hapus
  16. Halo mba boleh bantu info dong soal biaya kuliahnya sendiri. Perkiraan nya berapa ya? Karena saya sudah coba cek di website unaur, saya liat hanya pembiayaan yg dari d3 ke s1 . Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg reguler (dari SMA) biaya persemester berdasarkan UKT. Jadi beda2..

      Hapus
  17. Hello mba, ujian masuknya apa termasuk fisika? Trims.

    BalasHapus
  18. Saya mau masuk S1 kebidanan unair dari jalur tubel mba padahal saya bukan dari sma tapi spk.Klo mba berkenan mohon tolong contoh soal2 tes masuk terutama matematika dan b.inggris ke email saya ya mba.Makasih sebelumnya.Email saya : bungadirah02@gmail.com.jazakalloh khoiron katsiro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal2nya bisa didownload di website zenius.net
      Saya download dari sana semua.

      Hapus
  19. mbak, itu mbak alih jenjang ambil brp SKS? oh ya, s1 bidan unair alih jenjang dari d4 itu apa bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total 53 SKS di luar pendidikan profesi yaa. Dari D4 gak bisa, syaratnya masih D3 Kebidanan

      Hapus
  20. Hasfinda, saya mau tanya lagi, apakah ada persyaratan STR (surat tanda registrasi) bidan ya selama menjalani pendidikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Silakan cek http://hasfindafmufid.blogspot.co.id/2017/02/faq-seputar-alih-jenis-s1-pendidikan.html banyak pertanyaan sejenis

      Hapus
  21. Trims ya hasfinda. Sering2 buka blogspotnya ya. Paling ngga semunggu sekali 😁

    BalasHapus
  22. Makasih mba sudah berbagi pengalaman. Mbak sy juga mau donk apa aja yg mba pelajari untuk bisa siap ikut test masuk S1 kebidanan unair ke email saya temygoon@gmail.com
    Makasih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tulisan ini dan tulisan ttg unair lainnya sdh saya bahas apa aja yg bisa dipelajari dan download soal2nya di mana. Silakan dibaca dg teliti ya

      Hapus
  23. Ass.. Mbak hasfinda..
    Sya mau tanya untuk pendaftaran alih profesi dari D3 ke S1 kebidanan itu langsung ke kampus atau website nya gk.? Trus untuk pendaftaran di buka bulan brpa sampe bulan brpa.? Mojon informasi nya mbak...
    Trimana ksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, sudah dijelaskan di tulisan ini pendaftarannya online. Pembukaan pendaftaran cek ppmb.unair.ac.id

      Hapus
  24. Assalamualaikum kak.. kak mau tanya kak.. isum dari poltekkes pdang insyallahwisuda bulan juli dan nerencana dftr unair d blan agustus kk. Bisa gak kak? Brrti b.inggris bkn yg utama ya kak? Kak bisa tlong add line isum kak.. isum mau tanya ttng s.1 unair kak. Ini id line ny kk isum.septiawati .. sebelumnya terimaksh bnyak kk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Tidak bisa. Karena pembukaan pendaftaran gelombang 2 hanya sampai 14 Juli 2017

      Hapus
    2. Mbak, saya cek di website unair, alih jenjang s1 kebidanan gelombang dua tidak buka pendaftaran, apakah setiap tahun hanya 1x untuk kebidanan?

      Hapus
    3. Maaf baru balas, baru tahun ini yg 1 gelombang. Tahun2 sebelumnya selalu 2 gelombang

      Hapus
  25. Assalamualaikum kak, apakah benar S1 alih jenis unair ada kuota"nya ? hanya 10% dari luar Unair Kak ? Terima Kasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, maaf baru balas. Setau saya enggak, asal lolos tes tulis ya brrti diterima. Tp memang namanya alumni biasanya lbh diprioritaskan (kampus2 di Indo sebagian besar begitu), tp kalo tes tulisnya aja gak lolos ya sprtinya gak bakal diterima juga..

      Hapus
  26. mba... mau dong minta kirimkan contoh soal2 nya... terima kasih.. kirim ke email saya mba apriyanti.karinda@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal2 yg saya pelajari bisa didownload di zenius.net
      Terimakasih..

      Hapus
  27. Assalamualaikum mb, maaf mbak saya mahasiswa d3 kebidanan insyaallah tahun depan lulus. Dan rencana pengen mengambil s1 di unair, boleh minta contoh soal soalnya mbak??
    Ini alamat email saya mbak, triasihhandayani02@gmail.com
    Makasih mbak sebelumnya

    BalasHapus
  28. mbak ada soal kimia nya ngga? bisa add line saya mb? @rochanss sy pengin tanya tanya

    BalasHapus
  29. Terimakasih mbak untuk tulisannya , benar2 menginspirasi dan memotivasi saya ☺☺

    Rencana Tahun depan saya mau coba mbak. Mohon doanya ya mbak ☺��

    BalasHapus
  30. Blognya bagus banget mba, bisa jadi pedoman buat yang ingin melanjutkan kuliah nya spt mba. Saya jg lagi cari pengalaman orang yg lolos s1 bidan unair. Banyak yg mau saya tanyakan mba, kalau berkenan add id line saya ya mba: gaemgyu96 makasi sebelum nya mba.

    BalasHapus
  31. Ka maaf mau tanya kalau untuk tesnya harus datang langsung ke unairnya atau kaya sbmptn?

    BalasHapus
  32. Ass.. Mba boleh minta tolong kirim contoh soal yang dulu mba pelajarin mba? Terimakasih..
    Ayyannisrina6@gmail.com

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum mbak.. kalau mbak berkenan,saya boleh minta no whatsapp atau akun medsos mbak yang bisa saya hubungi mbk? saya Ingin bertanya lebih jauh tentang s1 kebidanan di unair mbak. saya Ingin daftar tahun ini.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Kak bisa minta id line gak, mau nanya tentang sesuatu kak saya dari Kalimantan tengah :)

    BalasHapus
  36. Subhanallah semoga nasib rejekiku kayak mbk, sama2 lulusan D3 widyagama dan dr awal juga udah tekad masuk S1 UNAIR😇

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. dari D3 bidan bisa alih jenjang S1 kah?? mohon di jawab

    BalasHapus
  39. Kk menurut kk yg bs menjamin kita lulus, ujian atau nilai ipk kita?

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum kak. Saya lulusan D3 niat mau cari S1, dan unnair ini menarik minat saya mbak. Apa boleh kak, kalo saya nanya nanya seputar ujian di unnair seperti apa? Kalo boleh saya bisa menghubungi kaka dari mana ya??
    Terimakasih

    BalasHapus
  41. mbak mau minta dikirimin juga dong contoh soalnya. ini email saya elysabeth.er@gmail.com terimakasih mbak

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum mbak...Alhamdulillah mbak bisa nemu tulisan mbak ini, mbak boleh bagi tips dan contoh soal tes ya mbak🙏, semoga kebaikan mbak dibalas lebih banyak dan lebih barokah......
    Mohon bantuannya ya mbak,,,,ini email saya sinta14flight@gmail.com
    Semoga kebaikan selalu mengalir buat mbak
    Makasih mbak🙏

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum Mbak.. sy bersyukur bisa baca tulisan Mbak.boleh nggak bagi tips dan contoh soal tes yang sering keluar...saya calon peserta utk 2021 ini mbak.smoga sy bisa mengikuti jejak mbak ... Mohon bantuannya Mbak.. ini email saya ivongilberthryan@gmail.com

    BalasHapus