Minggu, 30 Agustus 2015

PPKMB a.k.a OSPEK ALIH JENIS UNIVERSITAS AIRLANGGA


            Ini sedikit informasi buat kalian yang lolos alih jenis Unair..
            Maba alih jenis seringkali bertanya-tanya, apakah maba alih jenis masih ikut ospek seperti maba reguler? Kalau diospek juga apa juga ikut “diplonco”? Apa tugas-tugas yang dibebankan kepada maba alih jenis sama seperti maba reguler?
            Berbagai macam pertanyaan seputar ospek (di Unair namanya PPKMB) pasti “menghantui” para maba alih jenis (seperti saya ketika itu, hehe). Sampai H-1 berangkat ke Surabaya masih belum ada info menyeluruh tentang keikutsertaan maba alih jenis. Tapi yang pasti kami tetap ikut PPKMB, entah nanti kebijakannya seperti apa masih cukup membingungkan.
            Tanggal 18 Agustus 2015 pun tiba, hari pengukuhan seluruh mahasiswa baru Universitas Airlangga Tahun Ajaran 2015 – 2016 oleh Rektor Univ. Airlangga. Dikukuhkan bersama hampir 7.000 mahasiswa baru lainnya membuat saya haru dan bangga. Akhirnya saya bisa membuktikan kepada mereka yang pernah mengklaim saya tidak akan bisa lolos seleksi tes alih jenis S1 Pendidikan Bidan Unair yang hanya satu-satunya di Indonesia. Dan sekarang saya telah menjadi salah satu Ksatria Airlangga...

Suasana pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga di Airlangga Convention Center. Tahun ini ada sekitar 6.900 mahasiswa diterima di UNAIR.

            Esoknya kami mengikuti PPKMB Universitas yang isi kegiatannya hanya materi tanpa perploncoan seperti saya D3 dulu yang disuruh bawa barang ini itu yang gak jelas apa tujuannya dan tentunya menguras banyak sekali uang saya,hehehe
            Selama sekitar 3 hari kami mengikuti serangkaian PPKMB Universitas dan Fakultas. Menurut saya sangat bermanfaat, karena kami jadi semakin mengenal kampus dan fakultas tempat kami akan belajar ini. Tidak ada penugasan ini itu, kami hanya datang pukul 06.00, mengisi absen, mengikuti serangkaian materi Univ dan fakultas hingga pukul 16.00. Tapi untuk maba reguler jangan harap sedamai kami, mereka baru bisa pulang sekitar pukul 17.00, pun ada penugasan-penugasan untuk mereka. Penugasannya cukup mendidik, seperti membuat CV, membuat makalah, donasi buku, membuat proyek peduli lingkungan dan sosial. Selain itu jika ada penugasan yang kurang mendidik kalian bisa menanyakan apa maksud penugasan tersebut, tidak usah takut karena kalian calon mahasiswa yang harus kritis. Jangan seperti saat saya D3 dulu. Hehehe
Sebelum materi dimulai kami menyempatkan diri buat bernarsis ria. PSPB UA '15

            Minggu kedua kami hanya ikut 2 hari saja. Jadi total kami hanya “diospek” 5 hari saja. Minggu kedua bukan ospek, sih. Karena acaranya adalah ESQ Training dan Life Mapping Training. Tapi panitianya masih panitia dari PPKMB.

Suasana sholat berjamaah saat ISHOMA acara ESQ Training di Airlangga Convention Center

Ferry Curtis. Salah satu pencipta lagu terbaik Indonesia hadir di acara Life Mapping Training.


            Daaaannnnn puncak acaranya adalah tanggal 28 Agustus 2015 ketika saya menulis ini. Karena alih jenis tidak diwajibkan ikut jadi kami memilih nggak ikut. Acaranya sampe malem, sih. Tapi keren loh. Ada konfigurasi, break clap, pensi dari 38 UKM di UNAIR. Bisa bayangin kan kerennya? Ini aku kasi sedikit foto-foto yang aku dapat dari akun official PPKMB Unair..

Konfigurasi Lambang Universitas Airlangga di Airlangga Convention Center

Konfigurasi HUT RI ke-70 di Airlangga Convention Center

4 komentar:

  1. Salam kenal mbak. Maaf mau tanya, untuk s1 kebidanan unair lama kuliahnya berapa lama ya? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Kak mau nanya kuliah nya setiap hari atau tidak ya ? Dari jam brp sampai brp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal-awal kuliahnya senin-jumat dari pagi-sore. Sisanya berkurang sih karena matkulnya juga udah berkurang

      Hapus